Blog yang berisi tentang, Rahasia Internet, Hacking, Puisi, Tips-Trik, Software dan lain-lain......

PESAWAT TEMPUR SILUMAN INDONESIA KERJASAMA DENGAN KORSEL

Share on :



Korea Selatan akan meminta mitra asing untuk berbagi biaya pengembangan untuk pesawat tempur siluman dengan kode name KFX, bergerak di luar kerjasama teknis , Perusahaan-perusahaan asing akan membayar hingga 30% dari program, kata kolonel angkatan udara Daeyeol Lee, kepala tim pengembangan sistem udara di Korea dan Badan Pengembangan Pertahanan. BAE Systems telah menyatakan minatnya dalam mengembangkan radar untuk pesawat, Lee mengatakan dalam sebuah konferensi di Seoul.

Alenia Aeronautica di percaya untuk memasok senjata utama dari KFX Dan juga bertanggung jawab pada program Neuron kolaboratif untuk mengembangkan teknologi European combat-drone.


Kemudian EADS European Aeronautic Defence and Space Company N.V ingin memberikan KFX kontrol penerbangan dan teknologi siluman, serta unsur-unsur lainnya, EADS diyakini telah menawarkan teknologi pesawat termpur class Typhoon sebagai dasar untuk KFX. Saab juga ingin menjadi mitra kunci, dengan desain berevolusi dari perusahaan Gripen serta Badan pesawat ini di sokong oleh Boeing, SNECMA dan General Electric.


Keputusan pemerintah Korsel melanjutkan dengan KFX harus dilakukan pada tahun 2009, memungkinkan 11 tahun untuk mengembangkan dan memproduksi yang pertama dari 140 pesawat.


Para pejabat mengatakan kemampuan KFX di antara F-15 dan F-16, meskipun mereka mungkin mengacu pada ukuran dan daya dorong, pesawat siluman rencananya akan realease pada tahun 2020

Selain itu KFX untuk penggerak di sokong oleh mesin kembar setera dengan kelas General Electric F414 atau SNECMA M88, digunakan pada F/A-18E/F Boeing dan Dassault Rafale. SNECMA menggambarkan M88 sebagai landasan dari keluarga mesin generasi baru

Kata Lee daftar mitra yang paling potensial adalah Lockheed Martin, yang sangat terlibat dalam desain dan pengembangan pelatih Korea Aerospace T-50 jet supersonik.

INDONESIA JOIN TO MOU

Tahun ini, Indonesia diharapkan bisa menandatangani perjanjian kerja sama dengan Korea Selatan untuk pembuatan pesawat tempur. Dengan demikian, Indonesia diharapkan tak akan bergantung kepada negara lain dalam hal penyediaan pesawat tempur.


Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Marsekal Madya Erris Herryanto, ”Kemungkinan besar tahun ini sudah ditandatangani,” kata Erris. Kesepakatan untuk studi kelayakan ditandatangani tahun lalu.

Kementerian Pertahanan menerima hasil studi kelayakan Dalam studi itu disebutkan, Indonesia layak untuk berpartner membuat pesawat tempur. Spesifikasi pesawat tempur dengan kode KFX ini kira-kira berada di atas F-16, tetapi di bawah spesifikasi F-35.

Menurut Erris, langkah tersebut merupakan suatu kemajuan karena tidak banyak negara yang bisa membuat pesawat tempur. Apabila memiliki pabrik pesawat tempur, Indonesia tidak akan bergantung lagi kepada negara lain.

Menurut Erris, masalah komitmen dan perjanjian secara rinci tengah dibahas. Namun, tidak ada perbedaan yang mencolok. Saat ini tengah disusun redaksional perjanjian di antara kedua belah pihak. Erris belum bisa merinci beberapa hal yang tertuang dalam perjanjian itu, termasuk apa saja yang akan diperoleh Indonesia dan apa saja yang harus disediakan. ”Yang jelas, kita punya PT Dirgantara Indonesia dan tenaga ahli,” kata Erris.

Kebutuhan biaya yang diajukan sekitar 8 miliar dollar Amerika Serikat dengan jangka waktu kerja hingga tahun 2020. Pada tahun 2020 diharapkan sudah bisa disiapkan lima prototipe. Dari keseluruhan anggaran itu, Indonesia diharapkan menanggung sebesar 20 persen. Akan tetapi, ujar Erris, belum ada kesepakatan soal keuangan tersebut.






Indonesia memiliki 3 skuadron pesawat siluman yang tersebar di kota-kota strategis negara ini. Tiap skuadron berisi 16 pesawat tempur. Siap menghadang (intersepsi) dan melumat setiap pesawat asing yang masuk wilayah Indonesia tanpa ijin.


Tahun 2020, hanya China di utara dan Australia di selatan yang menjadi lawan perang angkasa seimbang bagi Indonesia. Selain negara-negara itu, jika perang satu lawan satu, tak ada satu pun kekuatan terdekat yang sebanding dengan Indonesia. Malaysia dan Thailand pun tidak.


Militer Indonesia adalah kekuatan terbesar di kawasan. Di angkasa asia tenggara, tak ada satupun negara ASEAN yang mengoperasikan pesawat siluman kecuali Indonesia. KFX, itulah nama pesawat siluman Indonesia.


KFX kini dalam proses pembuatan di Korea Selatan. Pengiriman jet tempur siluman ini akan dilakukan bertahap dan digenapkan sebanyak 50 buah pada tahun 2020. Nama KFX dapat diubah sesuai kesepakatan Indonesia dan Korea Selatan. Kabarnya dinamai F-33.


Pesawat KFX adalah pesawat generasi 4,5. Namun Youtube menyandingkannya dalam jajaran pesawat generasi ke 5. Pesawat ini di atas pesawat tempur F16 produksi Lockheed Martin yang merupakan generasi ke-4 dan sedikit di bawah F35 yang merupakan generasi ke-5.


Berat kosong pesawat ini adalah sekitar 10,4 metrik ton. Think tank dari Universitas Konkuk mengatakan, pesawat tempur ini cukup baik lantaran memiliki rudal stand-off dan kemampuan siluman (anti radar) yang memadai.


Pesawat tempur KFX ini dirancang akan berkursi tunggal yang didukung mesin yang setara dengan kelas General Electric F414 atau SNECMA M88 yang digunakan pada F/A-18E/F Boeing dan Dassault Rafale. Dibanding F16 yang dimiliki Korsel, KFX memiliki radius tempur 50% lebih besar, usia pesawat 34% lebih lama, avionik lebih baik, serta kemampuan datalink dan elektronik yang lebih baik.


Pesawat ini dirancang menggunakan 1 dan 2 mesin, intersepsi berkecepatan tinggi dan kemampuan supercruise, teknologi siluman dasar dan kemampuan multiperan.

2 komentar on PESAWAT TEMPUR SILUMAN INDONESIA KERJASAMA DENGAN KORSEL :

Doyis saputra mengatakan... 8 November 2012 21.45

mantap indonesia maju terus....

www.keretaminibandung.com

tomihadia mengatakan... 7 Februari 2013 01.55

SEMOGA AJA INDONESIA RAYA KU SEBAGAI
MARKET PABRIK JUALAN PESAWAT TEMPUR DAN
MEMILIKI 50.900 LIMA PULUH RIBU PESAWAT
TEMPUR PERANG DI MILIKI TNI AU SEPERTI
AMERIKA SERIKAT MEMPUNYAI 1000 PESAWAT
TEMPUR SEBAGAI PERTAHANAN UDARA,

Post a Comment and Don't Spam!